Dauroh Guru Pendidikan Menengah Putri

Blog Hits: 175

Cilegon - Setelah berakhirnya liburan PAS dan Idul Adha kurang lebih 3 pekan, pada tanggal 14 Juli 2022, di Aula Pendidikan Menengah Putri Al Hanif, seluruh guru dan staff SMPIT & SMAIT Putri Al Hanif mengadakan dauroh pembekalan diniyah, ibadah dan psikologi pendidikan dengan mendatangkan Ustadz Muhammad Ridjal, S.Psi & Ustadzah Rubeya Litiloly S.Kom, atau yang sering di sapanya merupakan kepala sekolah SMAIT Putri Al Hanif.
Alhamdulillah kegiatan dauroh berjalan dengan sangat baik. Kegiatan dauroh ini dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama di buka oleh Ustadz Ridjal Hafizhahullah, dan dilanjutkan sesi 2 oleh ustadzah Rubeya Hafidzahallah.
Ustadz ridjal mengatakan "ada hikmah dibalik masalah yang terjadi kepada kita, konsisten terhadap anak yang "spesial" lama-lama akan berhasil juga".
Ustadz ridjal juga mengumpamakan "batu karang yang terus-menerus terkena tetesan air, sekeras apapun batu itu, tetesan air akan melunakannya." Pun, demikian dalam proses pembelajaran. Selambat apapun seorang murid dalam menyerap pelajaran, dengan dampingan dan dukungan guru serta dengan latihan terus-menerus, anak-anak pun dapat mengejar ketertinggalan mereka. Begitu pula dengan anak-anak yang melanggar peraturan sekolah, yang mereka butuhkan adalah bimbingan. Bisa dengan cara observasi, changing behavior, memberikan peringatan, dan memberikan sanksi administratif.


Seorang guru seharusnya tidak boleh langsung menjudge atas kesalahan anak. Seorang guru harus bisa bersikap tenang ketika menghadapi anak-anak yang berbeda karakter. Dan seorang guru harus selalu mendo'akan kebaikan untuk anak-anak.
"Jangan hanya menjadi pengajar, tapi jadilah pendidik" tutup ustadz ridjal.
Setelah beristirahat dari sesi 1, kini seluruh peserta dauroh mengikuti kajian bersama ustadzah rubeya. Namun, sebelum kajian di mulai, ustadzah rubeya membagikan soal pre-test berupa google form yang harus diisi oleh seluruh peserta, karena adanya keterkaitan dengan pembahasan selanjutnya.
Beliau membahas tentang Fadhlul Islam. Bab tentang keutamaan Islām maksudnya adalah Islām yang mengumpulkan didalamnya amalan yang zhahir dan amalan yang bathin. Sebagaimana kita tau bahwasanya Islām secara bahasa artinya adalah menyerahkan diri kepada Allah dan mengikuti ajaran Islam dengan taat.
Seorang muslimah akan semakin cinta pada pada agamanya dan bangga menjadi muslimah jika mengetahui keutamaan agama Islam, & mengenal lebih dalam agama islam.
Adapun syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang yang berharap bertemu Allah adalah beramal dengan ikhlas, mengikuti Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Namun harus berhati-hati dengan perangkat syaithan yang berbahaya seperti syahwat dan syubhat agar tidak tergelincir sebagai orang-orang yang rugi.


Semoga ilmu yang kita dapat, bisa langsung kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa menjadi amal jariyyah untuk kita semua. 
Aamiin yaa rabbal 'alamin.

 

 
 
Print

Related Articles